in

Soal Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2013

Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa ini merupakan kegiatan pembelajaran Bahasa Jawa yang mencakup lingkup materi dan kompetensi minimal untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL) yang ditetapkan melalui Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013.

Oleh karena itu bagi sekolah/madrasah yang ingin menambah kompetensi dasar sebagai pengayaan dan dipandang sebagai kebutuhan dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa dapat dilakukan oleh satuan pendidikan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Muatan Lokal dikembangkan dengan menganalisis serta melihat tantangan internal dan eksternal saat ini. Tantangan internal terkait dengan tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan.

Tantangan eksternal terkait dengan kemajuan teknologi, informasi perkembangan pendidikan di tingkat nasional dan internasional. Arus globalisasi akan menggeser pola hidup dan budaya masyarakat Jawa. Bila hal ini tidak ditangani secara tepat boleh jadi masyarakat Jawa tinggal nama tanpa kepribadian.

Muatan Lokal Bahasa Jawa kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir, baik secara makro dan mikro. Penyempurnaan pola pikir secara makro mengacu pada perubahan pola pikir yang mengarah pada hal-hal berikut:

  1. pembelajaran berpusat pada peserta didik;
  2. pembelajaran interaktif;
  3. pola pembelajaran jejaring;
  4. pola pembelajaranaktif dengan pendekatan sains;
  5. pola belajar berbasis tim;
  6. pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alatmultimedia;
  7. Advertisement
  8. pola pembelajaran berbasis kebutuhan peserta didik;
  9. pola pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan
  10. pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis.

Karakteristik Kurikulum 2013 Mulok Bahasa Jawa

Mulok Bahasa Jawa k13 disekolah/madrasah bertujuan agar peserta didik memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. menjaga serta memelihara kelestarian budaya jawa yang meliputi bahasa, sastra, dan aksara Jawa sehingga menjadi faktor penting untuk peneguhan jati diri daerah;
  2. menyelaraskan fungsi bahasa, sastra, dan aksara Jawa dalam kehidupan masyarakat sejalan dengan arah pembinaan bahasaIndonesia;
  3. mengenali nilai-nilai estetika, etika, moral dan spiritual yang terkandung dalam budaya Jawa untuk didayagunakan sebagaiupaya pembinaan dan pengembangan kebudayaan nasional; dan
  4. mendayagunakan bahasa, sastra, dan aksara Jawa sebagai wahanauntuk pembangunan karakter dan budi pekerti.

Arah pembelajaran bahasa Jawa, adalah untuk;

  1. menyelaraskan keberadaan budaya jawa berupa bahasa, sastra, dan aksara Jawa sebagai unsur kebudayaan Jawa untuk mewujudkan keadaan masyarakat yang lebih berbudaya, serta;
  2. mengembangkan nilai-nilai yang terkandung dalam bahasa, sastra, dan aksara Jawa, sebagai bahan masukan untuk pembangunan karakter dan ketahanan budaya.
Advertisement

Written by nandasanjaya38@yahoo.com

I'm blink-182 fan and i'm proud of it. 4505 likes. Just another page about the most awesome band on the planet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Offering Help / Service Kelas 12 SMA

Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 10 SMA