in ,

Teori Masuknya Agama Dan Kebudayaan Hindu Di Indonesia



Soal/Pertanyaan :
Jelaskan teori-teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha di Indonesia beserta kelemahan kelebihan dan kesimpulannya!


Jawaban :

Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha di Indonesia yaitu :

a.     Teori Sudra.     Teori ini dikemukakan oleh Von Van Fabe bahwa penyebaran agama hindu budha ke Indonesia di bawa oleh orang India berkasta sudra. Alasanya karena mreka dianggap seorang buangan sehingga mereka datang ke Indonesia untuk mengubah kehidupanya Kelebihan :

Semua orang yang ada pada kasta sudra pasti ingin memperbaiki hidup, salah satu arahnya pergi ketempat lain ke Indonesia.  Kelemahan :Tidak menguasai bahasa sansekerta dan huruf palawa.Kasta sudra tidak memiliki pengetahuan atau pendidikan.

b.    Teori Waisya.     Teori ini menyatakan bahwa golongan waisya merupakan golongan terbesar yang berperan dalam menyebabkan kebudayaan hindu di Indonesia.

Kelebihan :Banyak SDA di Indonesia dan para pedagang berasal dari India sekaligus menyebarkan agama hindu-budha ketika berdagang. Kelemahan :Para pedagang tidak mengerti bahasa sansekerta dan huruf palawa.

c.     Teori Ksatria.     Teori ini berpendapat penyebaran hindu budha di Indonesia dilakukan oleh kasta Ksatria, teori ini didukung oleh C.C Berg Mokerji dan J.L Moens. Kelebihan :Kaum ksatria menunjukkan rasa semangat dalam berpetualang ke seluruh dunia.ü  Kelemahan :Tidak menguasai bahasa sansekerta dan huruf palawa.

d.    Teori Arus Balik.     Teori ini menjelaskan bahwaa yang berperan dalam menyebarkan hindu budha di Indonesia adalah orang atau kelompok masyarakat itu sendiri. Diduga mereka pernah berkunjung ke India dan mempelajari agama hindu budha. Setelah mereka kembali ke Indonesia mereka menyebarkan agama tersebut. Kelebihan :Ada kemungkinan para bangswan di Indonesia pergi ke India untuk belajar agama hindu-budha. Tujuannya agar dengan ilmu yang mereka dapat dari India, para bangsawan bisa membuat kekuasaan di Indonesia mencontoh kebudayaan Hindu-Budha.ü  Kelemahan :Kemungkinan orang iNdonesia untuk belajar agama Hindu-Budha ke India sulit, karena pada masa itu orang Indonesia masih bersifat pasif.

Advertisement

e.     Teori Brahmana     Teori ini menyatakan bahwa masuknya hindu budha ke Indonesia karena peran kasta Brahmana. Teori ni didukung dengan ditemukannya prassasti-prasasti yang menggunakan bahasa sansekerta dan huruf pallawa. Bahasa tersebut saat itu hanya dikuasai oleh kasta Brahmana. Namun menurut tradisi kasta ini pantang menyebrangi lautan.


Berdasarkann kesimpulan  teori yang dianggap paling tepat adalah teori Brahmana, karena hanya kasta Brahmana yang dapat menguasai kitab weda, bahasa sansekerta dan huruf palawa.

Advertisement

Written by nandasanjaya38@yahoo.com

I'm blink-182 fan and i'm proud of it. 4505 likes. Just another page about the most awesome band on the planet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendaftaran Online PPDB Kabupaten Klungkung

Cerita Lubdaka dan Makna Nya