in

Reinkarnasi Dalam Agama Hindu Dan Bukti

Dalam kepercayaan Hindu, samsara memberikan kesempatan bagi manusia untuk menikmati kesenangan sesaat pada setiap kelahiran. Selama manusia terlena untuk terus menikmati kesenangan tersebut, maka mereka akan dilahirkan kembali. Akan tetapi, pelepasan diri dari belenggu samsara melalui moksa diyakini dapat memberikan kebahagiaan dan kedamaian abadi. Menurut kepercayaan ini, setelah mengalami reinkarnasi berkali-kali, pada akhirnya suatu atman akan mencari persatuan dengan sukma alam semesta (Brahman/Paramatman).

Dalam agama Hindu, tujuan hidup sejati yang disebut sebagai moksa, nirwana, atau samadhi dipahami dalam berbagai arti: realisasi penyatuan jiwa dengan Tuhan; realisasi hubungan kekal dengan Tuhan; realisasi dari penyatuan seluruh hal yang ada; wawas diri sempurna serta pengetahuan akan diri yang sejati; pencapaian atas kedamaian batin yang sempurna; dan pelepasan dari segala keinginan duniawi. Realisasi semacam itu membebaskan seseorang dari samsara dan mengakhiri siklus lahir kembali. Karena agama Hindu meyakini bahwa jiwa tidak dapat dihancurkan, kematian tidak dipandang sebagai momok menakutkan karena merupakan fenomena alami. Maka dari itu, seseorang yang sudah meninggalkan ambisi dan keinginannya, tidak memiliki tanggung jawab lagi di dunia, atau terjangkiti penyakit mematikan dapat mengusahakan kematian dengan cara Prayopavesa.

Konseptualisasi moksa¬†berbeda-beda tergantung mazhab atau aliran Hinduisme. Sebagai contoh, mazhab Adwaita Wedanta berpedoman bahwa setelah mencapai moksa, atman tidak lagi mengenali dirinya sebagai individu, melainkan menyadari bahwa Brahman identik dalam segala hal. Pengikut mazhab Dwaita (dualistis) memandang individu sebagai bagian dari Brahman, dan setelah mencapai moksa, mereka yakin akan memperoleh kekekalan di loka bersama dengan manifestasi Iswara yang dipilihnya. Maka dari itu, dianalogikan bahwa pengikut dwaita berharap untuk “menikmati gula”, sementara pengikut Adwaita berharap untuk “menjadi gula”.

Advertisement

Reinkarnasi dalam artian adalah lahirnya kembali seseorang pada masa lalu yang terlahir kembali pada masa sekarang dalak wujud yang berbeda tapi sifatnya sama. misalnya dalam kepercayaan orang india. mereka percaya bahwa krisna merupakan reinkarnasi dari dewa wisnu

Dalam filsafat hindu, reinkarnasi harus terjadi karena menanggung hasil perbuatan pada kehidupannya yg terdahulu. dalam filsafat ini, bisa dikatakan bahwa manusia dapat menentukan baik-buruk nasib yg ditanggungnya pada kehidupan selanjutnya.


Dalam agama buddha dipercayai bahwa adanya suatu proses kelahiran kembali. bila ia baik maka ia akan terlahir dialam bahagia, dan bia ia jahat maka ia kana terlahir dialam yg menderita.

Advertisement

Written by nandasanjaya38@yahoo.com

I'm blink-182 fan and i'm proud of it. 4505 likes. Just another page about the most awesome band on the planet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cerita Lubdaka dan Makna Nya

Pendaftaran Online PPDB Kota Denpasar