in

Soal Ekonomi Kelas X Semester 2 Dan Jawaban

NAMA : I Kadek Nanda Sanjaya
NO ABSEN : 9
KELAS : X MIA 6
MAPEL : EKONOMI
1   1.      Sebutkan sebanyak-banyaknya kerugian atau dampak negative apabila OJK tidak ada.

Jawaban : OJK juga akan menimbulkan sejumlah dampak negatif  yang akan mempengaruhi perekonomian Indonesia. Sumber pembiayaan OJK yang awalnya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dapat membuat independensi dari lembaga tersebut terganggu dan bahkan rentan terhadap tindakan-tindakan politis yang tidak terpuji, sehingga OJK akan sensitif terhadap risiko terpolitisasi maupun upaya-upaya ‘fraud’ seperti tindak korupsi dan kolusi yang saat ini banyak terjadi pada organisasi yang menggunakan anggaran negara.
     2.      Jelaskan hubungan OJK dan bank Indonesia dalam mengatur bank.

Jawaban : Pasal 69 ayat (1) huruf (a) UU No. 21 Tahun 2011 menegaskan bahwa tugas Bank Indonesia dalam mengatur dan mengawasi bank yang dialihkan ke OJK adalah tugas pengaturan dan pengawasan yang berkaitan dengan microprudential, sedangkan Bank Indonesia tetap memiliki tugas pengaturan perbankan terkait macroprudential. Berkaitan dengan hal tersebut, tugas pengaturan perbankan tidak sepenuhnya dilaksanakan secara independen oleh OJK, karena pengaturan microprudential dan macroprudential akan sangat berkaitan.
3  
     3.      Apa ada kesalahan atau kelalaian OJK terhadap kasus asuransi jiwasraya.

Jawaban : Ada, menurut Anggota Komisi VI DPR RI Khilmi menilai OJK sedianya mempunyai wewenang untuk membuka kasus dan memberhentikan mekanisme bisnis PT Asuransi Jiwasraya ketika sudah tidak bisa membayar obligasi. OJK seharusnya punya wewenang untuk memberhentikan bagaimana penyelesaiannnya ini. Tapi kan selama ini OJK membiarkanya saja.
4
     4.      Bila kamu ingin produk perbankan bilamana kamu harus pergi ke bank umum dan bilamana kamu bisa ke bank perkreditan rakyat dan bilamana bisa pergi ke dua-duanya.

Jawaban :  Bilamana kita pergi ke bank umum tingkat suku bunga lebih rendah,jumlah pinjaman lebih besar,dan lebih terjamin karena bank umum milik pemerintah.Bilamana kita pergi ke bank perkreditan rakyat jumlah pinjaman yang di peroleh lebih sedikit,tingkat suku bunga lebih tinggi,dan biasanya milik perorangan atau kelompok(swasta).Bila mana kita pergi kedua-duanya apabila kita perlu tambahan pinjaman melebihi kuota yang kita punya di bank umum maka kita akan perlu juga ke bank perkreditan rakyat

Written by nandasanjaya38@yahoo.com

I'm blink-182 fan and i'm proud of it. 4505 likes. Just another page about the most awesome band on the planet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Legenda Asal Mula Danau Batur

2 Jenis Orang Melihat Dalam Agama Hindu