in

Pendapat Catur Asrama Era Globalisasi

      Tujuan hidup manusia berdasarkan agama hindu adalah “moksartham jagadhita ya caiti dharmah” atau mencapai “jagadhita dan moksa”. Jagadhita berarti kesekahteraan jasmani dan moksa berarti ketentraman batin atau kehidupan abadi dengan menunggalnya Atman dengan Brahman. Dengan demikian tujuan hidup manusia dapat diartikan sebagai usaha untuk mencapai kesejahteraan jasmani, ketentraman batin dan kehidupan abadi dengan manunggalnya Roh dengan Ida Sang Hyang Widhi .

Di Era Global ini kita memang bisa melupakan catur asrama ini seperti orang” yang tidak tahu arah hidup nya akan kemana oleh karena itu kita sebagai umat hindu harus berpedoman dengan Catur Asrama aga r tidak kehilangan arah di dunia yang Globalisasi nya sudah menggeruguti ini .
Era Globalisasi Tahapan- tahapan catur asrama harus kita jalani dengan baik dan yang saya lakukan sekrang ini adalah dengan menuntun ilmu sebanyak-banyak nya atau brahmacari.

PENDAPAT 1
Menurut saya ajaran Catur Asrama pada jaman sekarang atau oun yang akan datang sangatlah penting. Apalagi Catur Asrama berarti empat tahapan hidup dalam Agama Hindu. Dalam mencapai tujuan hidup yaitu Moksa, ada beberapa tahapan yang harus dijalani umat agar sesuai dengan swadharmanya masing-masing, yaitu Brahmacari yaitu tahapan hidup menuntut ilmu, Grahasta yaitu tahapan hidup berumah tangga, Wanaprasta yaitu tahapan hidup mengasingkan diri ke hutan untuk tujuan lepas dari kehidupan duniawi, dan Bhiksuka yaitu tahapan hidup terakhir dalam tahapan melepaskan segala kehiduan duniawi, mengekang hawa nafsu dan indriya untuk dapat mencapai tujuan hidup yang terakhir yaitu Moksa. Kekuatan Catur asrama sesungguhnya masih tetap penting dimaknai dalam kehidupan sekarang dan yang akan datang. Artinya, dalam kehidupan masyarakat yang dipengaruhi oleh berbagai perubahan, kekuatan nilai yang dikandung dalam konsep tersebut menjadi pedoman penting. Dalam tahapan hidup brahmacari, misalnya, generasi muda Hindu
memang sudah seharusnya berkonsentrasi penuh untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

PENDAPAT 2

Masa muda adalah masa-masa untuk menuntut ilmu. Dalam ajaran agama Hindu dikenal empat tahapan yang harus dilalui dalam kehidupan ini, yaitu catur asrama. Salah satunya adalah tahapan dimana kita menuntut ilmu dalam rangka mencari kebenaran/dharma (Brahmacari).

Kebanyakan dari kita yang merupakan generasi muda masih berada dalam tahapan ini.Kebanyakan dari kita (generasi muda) telah terbawa oleh arus globalisasi ini dan mulai meninggalkan budaya lokal setempat yang sebenarnya masih relevan dan mempunyai nilai-nilai yang sangat luhur. Hal ini dikarenakan kita tidak menciptakan filter/penyaring yang berupa kesadaran di dalam diri kita. Sehingga dengan mudahnya budaya dari luar masuk dan memabukkan kita.

Dalam pemahaman saya hal inilah yang saya sebut sebagai krisis budaya, dimana kita sudah mulai tidak menghargai budaya bangsa kita sendiri dan membesarkan budaya dari luar yang belum tentu cocok bagi bangsa ini. Sehingga pada akhirnya, perlahan-lahan kita mulai kehilangan identitas/jati diri kita sebagai sebuah bangsa yang besar.

PENDAPAT 3

Catur asrama merupakan 4 jenjang kehidupan yang harus di jalani setiap manusia dimana memiliki kewajiban berbeda di setiap masa atau asrama,namun tidak bisa di pisahkan satu dengan yang lainnya.Jadi,menurut pendapat saya di era global Masa Brahmacari adalah masa menuntut ilmu pengetahuan secara formal di sekolah/perguruan tinggi.Masa Grhasta di era global merupakan masa berumahtangga untuk melanjutkan keturunan,membina rumah tangga,dan hidup bermasyarakat.Masa Wanaprastha di era global kewajiban kepada keluarga sudah berkurang,sudah mulai hidup mapan,dan sudah mulai hidup mandiri.Masa Bhiksuka di era global artinya dimana manusia sudah tidak terikat oleh suatu kebiasaan adat di suatu masyarakat.

Written by nandasanjaya38@yahoo.com

I'm blink-182 fan and i'm proud of it. 4505 likes. Just another page about the most awesome band on the planet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Glosarium Pengertian Agama Hindu Kelas XI

Legenda Asal Mula Danau Batur