in

Panca Satya Dalam Ajaran Agama Hindu

PANCA SATYA


Pengertian Panca Satya : Panca Satya adalah : Macam-macam Kesetiaan dalam Agama Hindu/sering disebut dengan lima macam kesetiaan (Panca Satya).

Kesetiaan dalam Hindu merupakan sebuah ajaran agama yang wajib kita amalkan. Kesetiaan di kelompokkan menjadi lima jenis yang lebih sering di sebut dengan Panca Satya. Kesetiaan dalam hidup merupakan hal yang sangat penting karena dengan kesetiaan kita bisa memperoleh sebuah kepercayaan yang mungkin tidak semua orang memilikinya. Kesetiaan itu muuncul bukan dari orang lain kesetiaan timbul dari diri kita sendiri jadi bagaimana cara kita untuk memupuk kesetian itu.

Dalam Hindu kesetian di bagi menjadi lima bagian yaitu :

  • Satya Semaya
  • Satya Herdaya
  • Satya Mitra
  • Satya Wacana
  • Satya Laksana

1. Satya Semaya, disini yang dimaksud dengan satya semaya adalah kesetian kita kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan YME). Dimana kita di wajibkan untuk setia akan Beliau karena atas Beliau kita ada. Jadi dengan kesetian kita kepada-Nya merupakan sebuah penghormatan atau penghargaan atas apa yang telah Beliau anugrahkan pada kita dalam hidup dan kehidupan kita.

2. Satya Herdaya, ini adalah kesetiaan kita pada diri kita sendiri pada kata hati kita. Kadang kita sering lupa apa yang ada dalam kata hati kita dan terkadang mengabaikan bisikan hati yang paling dalam. Ingatlah kata hati adalah penuntun mu jadi mulailah setia pada kata hatimu. Niscaya penyesalan akan berkurang jika kita telah berjalan sesuai dengan kata hati.

3. Satya Mitra, teman…. mereka adalah bagian penting dalam hidup kita. Dengan adanya teman kita bisa sedikit berbagi segala suka duka, kelu kesah. Teman sejati akan selalu ada dalam segala suasana hati. Jadi kita pun perlu setia pada teman kita. Ingat kita tak bisa hidup sendiri di dunia ini karena kita mahkluk sosial dan selalu membutuhkan bantuan orang lain, terutama seorang teman. Jadi setialah pada teman anda jangan pernah kecewakan mereka.

Advertisement

4. Satya Wacana, kita sering mendengar kata wacana, banyak sekali yang terlihat dalam kenyataan orang lupa akan apa yang telah ia ucapkan “wac” dan ini sudah sangat banyak. Dalam sebuah pemerintahan banyak cerminan orang yang hanya bicara dan tidak setia pada apa yang telah ia ucapkan, dan banyak contoh-contoh lain yang bisa kita jadikan cermin bahwa kesetian dalam perkataan masih sangat kurang. Jadi mulai sekarang belajarlah untuk setia pada perkataan anda. Jangan hanya berjanji.

5. Satya Laksana, laksana atau perbuatan. Kitapun harus setia pada apa yang teh kita lakukan atau perbuat. Seperti hari ini kita telah melakukan sebuah perbuatan yang mungkin belum selesai, kita harus setia pada apa yang kita lakukan hingga pekerjaan itu terselesaikan. Adapun perbuatan-perbuatan kita yang lain yang pernah kita lakukan kita harus setia dan berani untuk mengakuinya serta bertanggungjawab akan akibat yang di timbulkan. Ingat ada sebab ada akibat, jadi mulailah setia.

Jadi kesetian sangatlah berarti dalam kehidupan kita karena kesetiaan merupakan modal paling sulit untuk di dapat. Awalilah setia pada diri anda sendiri.

akibat ucapan janji itu.

Kalimat satya itu hendaknya dapat diwujudkan dalam pelaksanaan tindakan dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari. Berusaha jangan berbohong kepada diri sendiri maupun orang lain. Sebab hal ini dapat mengakibatkan pikiran gelisah karena merasa bersalah.Apabila Panca satya ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan semoga kita meraih kedamaian dan kemenangan.

Contoh perilaku Satya:

  • Selalu berkata jujur,
  • Berpendirian teguh,
  • Tidak mau melaklukan perbuatan yang menyakiti orang lain,
  • Menyayangi teman,
  • Selalu menepati Janji
Advertisement

Written by nandasanjaya38@yahoo.com

I'm blink-182 fan and i'm proud of it. 4505 likes. Just another page about the most awesome band on the planet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dewata Nawa Sanga : 9 Dewa Peguasa Mata Angin

Makna Penampahan Hari Raya Galungan