in

Contoh Teks Debat Tentang SELURUH MATA PELAJARAN SMA DI INDONESIA MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS

TUGAS BAHASA INGGRIS TEKS DEBAT

Oleh:

NAMA : I KADEK NANDA SANJAYA
 NO : 9
KELAS : X MIA 6

TAHUN AJARAN 2019/2020


MOSI : SELURUH    MATA       PELAJARAN      SMA       DI      INDONESIA MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS
MODERATOR:
Om swastiastu
Saya sebagai moderator akan membahas materi debat saya yang telah di berikan oleh guru mengenai “Seluruh mata pelajaran SMA menggunakan Bahasa Inggris”.
Bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang diseluruh dunia. dalam setiap hari jutaan orang menggunakan bahasa inggris di tempat kerja maupun di sekolah. Sekarang sudah banyak sekolah yang menerapkan bahasa inggris sebagai mata pelajaran utama. Sekarang saya akan membahas debat tentang pelajaran SMA menggunakan Bahasa Inggris di seluruh Indonesia.
TIM PRO:
Menggunakan Bahasa Inggris pada seluruh mata pelajaran SMA sangat bagus karena kedepannya bahasa inggris sangat berguna dalam kehidupan internasional, saudah banyak anak anak muda indonesia yang sudah mengenal bahasa inggris dari sejak kecil entah itu dari musik, game atau buku belajar. Dan untuk pulau-pulau eksotis yang terkenal di manca negara tentunya sumber daya manusia juga harus mengenal hal” manca negara dan sekarang minimal kita memiliki syarat cakap ber bahasa inggris untuk mendapatkan karir di tempat pariwisata . Di zaman serba maju ini, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling sering digunakan di berbagai belahan dunia dan tentu kita tidak boleh kalah. Memelajari bahasa Inggris itu sebenarnya seru dan asyik meski terkadang ada beberapa hal yang membuat kita bingung. Mengapa harus belajar bahasa Inggris dan menguasainya ? Banyak sumber pembelajaran baik dari buku maupun media internet yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris, dapat menambah pengetahuan dari berbagai sumber tersebut.
Semua gadget dan alat teknologi keluaran terbaru menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk memberikan petunjuk para penggunanya. Jika kita menguasai bahasa Inggris, maka kita akan lebih cepat untuk memahami teknologi gadget tersebut.
Bahasa Inggris sangat penting karena merupakan bahasa ilmiah/science. Untuk unggul dalam ilmu pengetahuan tersebut, kita perlu menguasai bahasa Inggris.
Kemampuan bahasa Inggris menjadi syarat kelulusan dari Perguruan Tinggi yaitu Skor Test of English as Foreign Language (TOEFL).
TIM KONTRA:
Saya tidak setuju adanya Bahasa Inggris sebagai Bahasa di semua pembelajaran SMA karena jika kita . Menggunakan bahasa inggris di sekolah akan menyebabkan lunturnya bahasa asli indonesia itu sendiri , dalam artian disini bahasa inggris tak seharusnya “mengganti” bahasa indonesia itu sendiri Seharusnya masyarakat Indonesia jauh lebih pandai bicara bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam hidup sehari-hari di Indonesia, dibandingkan dengan bicara bahasa Inggris dalam hidup sehari-hari antar masyarakat apalagi akan digunakan sebagai bahasa kita disekolah yang akan dipelajari terus menerus sejak kita kecil .Dengan adanya Peningkatan gengsi dan juga keinginan untuk terlihat keren yang dikombinasikan dengan semakin populernya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, kerap membuat remaja masa kini akhirnya cenderung lebih suka bicara bahasa Inggris. Beberapa orangtua pun kerap kali memilih bicara bahasa Inggris dengan anak-anaknya.
Advertisement
Seharusnya, bahasa Inggris hanya digunakan sebagai pelengkap keahlian dan nilai tambah kemampuan diri. Dan tak seharusnya bahasa Indonesia tak seharusnya tergerus hilang di tanahnya sendiri. berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam hidup sehari-hari di Indonesia adalah salah satu wujud nasionalisme. Hanya saja ini juga bukan alasan untuk menutup diri dari perkembangan dunia luar, termasuk tak mau belajar bahasa Inggris. Sekalipun masyarakat Indonesia pasti bisa berbahasa Indonesia, namun belum tentu bahasa Indonesia yang digunakan sudah memenuhi aturan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Pada dasarnya, bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia punya tingkat kesulitan yang nyaris sama, yaitu dalam struktur kalimat atau grammar dalam bahasa Inggris. Sayang, hal ini seringkali tak diperhatikan oleh masyarakat Indonesia.
Meski kerap dipandang mudah, namun sebenarnya berbahasa Indonesia dan menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar pun hampir sama sulitnya dengan bahasa Inggris. Hal ini pulalah yang akhirnya membuat beberapa negara di dunia menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran. Dan jika ini terjadinya kalau sampai punah bahasa indonesia akan menyebabkan bahasa indonesia langka dan punah seperti bahasa bahasa daerah yang sudah”. Saya sebagai pelajar yang menjunjung tinggi bahasa indonesia akan tetap menggunakan bahasa indonesia dalam keseharian saya. Saya juga tidak menutup diri terhadap bahasa lain. Tetap mengenal bahasa asing tetapi tetap memperdalam bahasa Indonesia sebagai bahasa yang saya gunakan sehari-hari. Itu hal kecil yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan rasa nasionalisme kita terhadap bahsa persatuan kita yaitu bahsa indonesia yang akan terancam jarang kita dengar di sekolah.


TIM NETRAL:
Sayasebagai pihak netralberpendapat bahwa penggunaan bahasa indonsia dengan bahasa inggris di seluruh mata pelajaran indonesia memang sama-sama dibutuhkan dan menurut saya dari kedua tim yang berpendapat kedua pendapat tersebutbenar kita sebagai pelajar harus dapat menguasai bahasa inggris sebagai bahasa internasional dengan tanpa melupakan Bahasa Indonesiaitu sendiri .Sesuai pepatah dimana ktia berpijak disana langit dijunjung ,sebagai warga negara indonesia saya selalu menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa sehari-hari dan saya juga menguasai bahasa inggris agar bisa berinteraksi dengan orang luar.
PENUTUP:
Berdasarkan argumen yang diberikan oleh tim afirmasi, tim oposisi, maupun tin netral, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Pemerintah Indonesia masih perlu menyesuaikan penggunaan Bahasa  Inggris .Demikian pembahasan materi debat yang kami bahas semoga bisa diterima dengan baik,jika ada kesalahan kata kami minta maaf sebesar besarnya “terimakasih”

OM SANTI SANTI SANTI OM

Advertisement

Written by nandasanjaya38@yahoo.com

I'm blink-182 fan and i'm proud of it. 4505 likes. Just another page about the most awesome band on the planet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Legenda Asal Mula Danau Batur

2 Jenis Orang Melihat Dalam Agama Hindu