in

Samkhya Darsana

a. Pendiri dan Pokok Ajarannya

Samkhya Darsana

Samkhya berasal dari kata sanskerta “Samkhya” (pencacahan, perhitungan). Dalam Filsafat, pencacahan akurat dari kebenaran telah ditentukan. Akibatnya, Filsafat ini bernama ‘Samkhya’. Mungkin ada alasan lain adalah bahwa salah satu arti dari ‘Samkhya’ adalah musyawarah atau refleksi atas hal-hal yang berkaitan dengan kebenaran . Filsafat ini mengandung musyawarah tersebut dan kontemplasi atas kebenaran. Dalam Persepsi Filsafat, Pratyaksha (persepsi langsung melalui Rasa-Organ), Anumana (Inferensi atau kognisi mengikuti beberapa Pengetahuan lainnya), dan Shabda (Kesaksian Verbal) adalah tiga pramana yang diterima (sumber pengetahuan yang sah atau metode mengetahui benar). Misalnya, Nyayikas (Pengikut Filsafat Nyaya) telah menerima empat Pramana, para Mimasakas (Pengikut Filsafat Mimasa) telah menerima enam pramana.

b. Konsep Purusa dan Prakrti

Prakrti dan Purusa adalah Anadi (tanpa awal) dan Ananta (tanpa akhir; tak terbatas). Ketidak berbedaan (Aviveka) antara keduanya merupakan penyebab adanya kelahiran dan kematian. Perbedaan antara Prakrti dan Purusa memberikan Mukti (pembebasan). Baik Prakrti dan Purusa adalah Sat (nyata).

Advertisement

c. Evolusi alam semesta

Hubungan antara Purusa dan Prakrti menyebabkan terganggunya keseimbangan dalam Tri Guna. Yang mula-mula tergantung ialah Rajas yang menyebabkan Guna yang lain ikut terguncang pula. Masing-masing Guna itu berusaha mengatasi kekuatan Guna lainnya.

d. Ajaran tentang Kelepasan.

Hidup di dunia ini adalah campuran antara senang dan susah. Banyak kesenangan dapat dinikmati, banyak pula kesusahan dan sakit yang diderita orang. Bila orang dapat menghindari diri dari ketuaan dan kematian. Ada tiga macam sakit dalam hidup ini yaitu Adhyatmika,Adhibautika, dan Adhidaivika.

1) Adhyatmika adalah campuran sakit karena sebab-sebab dari dalam badan sendiri seperti kerja alat-alat tubuh yang tidak normal dan gangguan perasaan.

2) Adhibautika adalah sakit yang disebabkan oleh faktor luar tubuh, seperti terpukul, kena gigitan nyamuk dan sebagainya, dan

3) Adhidaivika adalah sakit karena tenaga gaib seperti setan, hantu dan lain-lainnya.

Advertisement

Written by nandasanjaya38@yahoo.com

I'm blink-182 fan and i'm proud of it. 4505 likes. Just another page about the most awesome band on the planet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Soal Sejarah Indonesia UAS Kelas X/10 Semester 2

Makalah Agama Hindu Skloatisme Dan Mahayana