Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

- Software - Arie - 4

Windows 8 secara resmi telah dirilis pada Jumat, 26 Oktober 2012 yang lalu, berbeda dengan Windows 7 yang memiliki banyak versi, Microsoft Windows 8 hadir hanya dengan tiga versi yaitu Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows RT.
Kelebihan dan kekurangan Windows 8Sebagai Sistem operasi baru, tentu saja Windows 8 memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu kelebihan Windows 8 adalah mendukung untuk perangakat layar sentuh, seperti Laptop, Tablet PC dan juga Smartphone yang menggunakan windows 8 sebagai OS-nya.

Windows 8 mengusung user interface baru, UI ini sebelumnya diberi mana Metro Style. Namun, pada Agustus lalu, Microsoft merubah nama Metro Style menjadi Windows 8-style UI, tampilan baru ini sangat berbeda dengan versi OS dari Microsoft yang sebelumnya. Nah buat teman-teman yang penasaran tentang Kelebihan dan kekurangan windows 8, simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Windows 8

Tampilan Lebih Dinamis
Sama seperti telepon seluler (ponsel) cerdas dan tablet, komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 8 dilengkapi dengan fitur notifikasi dan informasi saat ini, terkait akun Anda di dunia maya. Misalnya saja kotak masuk surat elektronik (e-mail). Selain itu Anda juga akan otomatis terhubung dengan situs penyimpanan data milik Windows, Skydrive.

Sistem Pencarian Data Lebih Universal
Dengan Windows 8, Anda lebih mudah dalam mencari data yang diinginkan. Cukup mengetik nama data di tampilan awal, langsung muncul beberapa pilihan data yang terkait.

Waktu Booting Lebih Cepat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

Mendukung Chip ARM
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

Toko Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

Kekurangan/Kelemahan Windows 8

Tak ada Tombol Start dan Close X
Windows 8 tidak memiliki tombol start dan Close X di tampilan muka Windows 8. Untuk memutup aplikasi di Windows 8, Anda mesti mengarahkan panah mouse Anda ke atas aplikasi. Setelah muncul tombol tangan, Anda harus men-drag-nya, dan barulah program tersebut tertutup.

Banyak File Atau Aplikasi Tersembunyi
Ini yang mungkin paling membingungkan bagi pengguna Windows 8. Sebab, saat beroperasi, hanya tersedia dua data atau aplikasi yang bisa terbuka secara bersamaan, sementara data lainnya tersembunyi. pengguna mesti menggunakan fitur pencarian universal untuk membuka data yang lain.

Sulit Berpindah Antar Aplikasi yang Sedang Aktif
Kebiasaan pengguna yang memakai windows 7 atau windows XP ketika berpindah aplikasi yang sedang aktif adalah menggunakan alt + tab. Hal ini tidak bisa lagi dilakukan di Windows 8 karena fitur ini telah di hapus dan digantikan dengan cara menggerakan mouse ke arah kiri dan kemudian akan muncul pop up yang di dalamnya terdapat aplikasi yang sedang aktif. Masalahnya jika menggunakan banyak aplikasi yangd sedang aktif akan membuat repot pengguna.

Tidak bisanya merubah tiles menjadi icon
Ketika ukuran tiles yang paling kecil masih saja terkesan terlalu besar akan membuat tampilan jika banyak aplikasi menjadi kacau karena ukurannya yang terlalu besar. Opsi untuk mengubah tiles menjadi icons sudah tidak ada lagi di Windows 8

Interface Metro yang kurang nyaman untuk desktop
Memang benar adanya Windows 8 akan sangat nyaman di gunakan jika menggunakan layar sentuh seperti tablet. Tetapi bagaimana dengan pengguna desktop ? Ternyata pengguna desktop seperti Notebook sangat tidak kompatibel dengan Windows 8. Microsoft seharusnya menambahkan fitur seperti kill-switch yang berfungsi untuk mematikan Metro UI.

Cat : Software, tags: ,

Berkaitan dengan Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

Gadget Terbaru